NewsOlahraga

10 Manfaat Olahraga Bola Voli yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Hobring.com – Bola voli adalah sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup yang saling berlawanan di mana setiap grup masing-masing terdiri enam pemain.

Permainan bola voli tak hanya sekadar aktivitas olahraga yang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar. Namun olahraga voli adalah olahraga yang menyenangkan dan dapat membantu Anda untuk embakar kalori dalam tubuh.

Bermain bola voli selama 45 menit diketahui dapat membakar kalori hingga 585 kalori. Selain membantu Anda mengurangi lemak dalam tubuh, bola voli juga memiliki manfaat lainnya.

Berikut ini adalah sepuluh manfaat permainan olahraga bola voli yang jarang diketahui oleh banyak orang yang di lansir dari Red River College. Yuk simak ulasannya.

Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa rutin melakukan olahraga voli selama 45 menit ternyata dapat hal itu dapat membantu Anda untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh.


Baca Juga:


Selain menjadikan olahraga untuk membantu defisit kalori dalam tubuh. Anda juga perlu mengonsumsi makan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Oleh karena itu, olahraga voli tak hanya membuat tubuh Anda bugar tapi memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan Anda yang berlebih.

Membentuk Postur Tubuh

bola voli
Foto: Freepik/asier_relampagoestudio

Tak hanya menurunkan berat badan, bermain bola voli secara rutin juga dapat memberikan manfaat dengan membentuk postur tubuh agar lebih baik.

Dalam permainan bola voli aktivitas fisik yang terjadi biasanya akan memperkuat tubuh bagian atas, lengan dan bahu serta otot-otot tubuh bagian bawah. Jadi jika ingin postur tubuh yang ideal cobalah melakukan olahraga voli.

Meningkatkan Metabolisme

Bermain bola voli juga dapat meningkatkan sistem kardiovaskular dan pernapasan tubuh. Jika dilakukannya secara berkala dapat meningkatkan energi dan metabolisme dalam tubuh.

Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Bola voli merupakan olahraga yang berkaitan erat dengan tangan dan mata. Salah satu contoh gerakan yang meningkatkan koordinasi tangan-mata adalah saat melakukan servis.

Saat sedang servis, Anda harus mengikuti kemara arah bola dengan mata Anda dan saat memukul bola, Anda harus tepat sesuai sasaran dengan kekuatan tangan.

Membangun Kelincahan, Kecepatan dan Keseimbangan

bola voli
Foto: Olympics

Permain bola voli pada dasarnya melatih kecepatan tentang dari mana arahnya bola. Kemudian keterampilan untuk dapat bergerak dengan lincah dan keseimbangan berdasarkan kekuatan dan kecepatan tubuh.

Oleh karena itu bermain voli secara rutin artinya dapat membantu Anda untuk membangun kelincahan, kecepatan dan keseimbangan dalam menjalanin aktivitas sehari-hari.

Membangun Kekuatan Otot

Bermain bola voli sangat membutuhkan otot-otot yang kuat. Misalnya saat Anda mengoper bola kepada teman satu tim Anda.

Karena mengoper bola membutuhkan tenaga, maka harus jongkok dan menggunakan kaki Anda untuk menghasilkan sebuah tenaga.

Alhasil seluruh otot dalam tubuh Anda akan terkonsentrasi dan membentuk energi untuk dapat salurkan dengan baik.

Meningkatkan Kemampuan Aerobik

Berdasarkan laporan dari Well Source’s Aerobic Mile Chart bahwa bermain bola voli tanpa mengeluarkan banyak tenaga selama 20 menit sama dengan Anda melakukan lari sejauh satu mil.

Itu artinya Anda hanya butuh bermain bola voli selama dua puluh menit saja untuk dapat berlari sejauh satu mil. Anda pun dapat menambah durasi waktu bermain Anda sesuai dengan kebutuhan.

Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

bola voli
Foto: Inside The Games

Permainan bola voli adalah kerja sama tim. Oleh karena itu, Anda tidak boleh egois hanya untuk mendapatkan sebuah poin maupun kemenangan tim.

Dengan bermain voli artinya Anda dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan kerja sama tim serta dapat berlatih untuk menangani situasi saat sedang menang maupun kalah.

Membuat Jantung Lebih Sehat

Manfaat lain dari bermain voli yang tidak ketinggalan adalah membuat jantung menjadi lebih sehat.

Dengan meningkatnya detak jantung Anda saat bermain voli itu artinya tubuh akan mengedarkan lebih banyak darah dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Memperbaiki Suasana Hati

bola voli
Foto: Freepik

Selain jantung sehat, tubuh yang bugar serta penampilan yang proporsional. Ternyata bermain bola voli juga dapat membantu Anda untuk memperbaiki suasana hati.

Selain itu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, membuat Anda lebih bahagia dan mengurangi setres yang berlebih.

Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan olahraga secara rutin terutama bermain bola voli. Karena tak hanya baik untuk kesehatan fisik tapi juga untuk kesehatan mental.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button