NewsFood

10 India Street Food yang Wajib Anda Coba Saat di Delhi

Hobring.com – India adalah salah satu negara di Asia Selatan yang tak hanya terkenal dengan karya Bollywood-nya. Namun juga popular dengan makanan uniknya yang biasa disebut India Street Food.

Sementara Delhi adalah salah satu kota di negara India yang tak hanya padat penduduknya tapi juga sangat terkenal dengan India street food-nya. Tak heran jika para pelancong akan mencari Delhi untuk berburu kuliner yang unik dan juga menantang.

Jika Anda ingin merasakan serunya berburu kuliner di Delhi, Hobring.com akan merekomendasikan 10 India street food yang wajib Anda coba. Yuk simak ulasannya.

1. Besan Papdi

Besan Papdi adalah makanan ringan yang sangat populer di India bagian Utara terutama di sekitar Uttar Pradesh.

Besan papdi memiliki rasa yang pedas dengan tekstur yang renyah sangat mudah disajikan bersama dengan mint-coriander chutney yang lezat.


Baca Juga:


Mint-coriander chutney adalah saus berbumbu pedas nikmat yang terbuat dari daun mint segar, daun ketumbar, jahe dan bawang putih.

Sensasi rasa renyah dan pedas akan Anda dapatkan dari Besan papdi dan mint-coriander chutney saat Anda mencicipi kuliner India street food yang satu ini.

2. Kadhi Puri

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jodhpurfood (@jodhpurfood)


Kadhi Puri atau Kadhi Poori adalah India street food yang terbuat dari roti goreng berlemak dengan bahan dasar tepung gandum tidak beragi.

Biasanya, masyarakat India menyantap Kadhi Puri untuk sarapan dan sebagai camilan atau makanan ringan.

Kadhi Puri disajikan dengan kari gurih atau bhaji dan bisa juga dimakan dengan hidangan yang manis.

Kadang kala masyarakat setempat menyajikan Kadhi Puri pada acara khusus atau upacara sebagai bagian dari ritual seremonial bersama dengan makanan vegetarian lainnya yang dipersembahkan dalam doa sebagai Prasadam.

3. Kanji Vada

Kanji Vada adalah India street food dengan rasa pedas yang dibuat dengan bumbu seperti asafoetida, cabai merah, garam hitam dll.

Makanan yang satu ini disajikan bersama vada yang terbuat dari moong dal dengan rasa tajam berupa manis sekaligus pedas dan bisa dibuat sendiri dengan mudah saat di rumah.

4. Puchka

Puchka atau pani puri adalah India street food yang sering disebut dengan nama golgappa. Makanan yang satu ini jenis makanan ringan yang popular beberapa negara di Asia Selatan yakni Pakistan, Nepal dan Bangladesh.

Jajanan yang satu ini menggunakan kentang tumbuk yang dibumbui sebagai isian. Rasanya lebih tajam daripada manis sedangkan airnya terasa asam dan pedas.

5. Kesariya Chatta

India street food berikut ini adalah berupa es yang diserut dengan ditambahkan beberapa bumbu khas salah satunya adalah sirup saffron sebagai toppingnya.

Tak hanya sirup saffron, Kesariya Chatta juga menggunakan rabri sebuah susu khas India dan gulkand yaitu kelopak mawar yang telah diawetkan.

Gulkand dipercaya oleh masyarakat india sebagai bagian dari sistem pengobatan. Beberapa manfaat yang akan diperoleh adalah melawan kelelahan dan kelesuan, meningkatkan daya ingat, dan membersihkan darah dalam tubuh.

6. Phaalooda

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sameer Bawa (@spiceitupwithsam)

Minuman dingin khas India ini adalah India street food yang paling digemari oleh masyarakat di kawasan Asia Selatan.

Jika Anda ke Delhi, Anda wajib sekali untuk mencoba kuliner yang satu ini. Phaalooda biasanya disajikan dengan mencampurkan sirup mawar, bihun, dan biji selasih serta susu bahkan sering kali diletakan sebuah es krim.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa Phaalooda menggunakan bihun? Apakah bahannya sama dengan yang kita ketahui selama ini?

Bihun yang terdapat dalam minuman Phaalooda adalah bihun yang terbuat dari gandum, arrowroot, tepung maizena atau sagu.

Berasal dari Persia, Phaalooda mengalami perkembangan saat tiba di Asia Selatan terutama pada masa kekaisaran Mughal di India.

Kini, Phaalooda menjadi bagian utama dari budaya Pakistan dan Bangladesh. Di mana minuman ini disajikan secara khusus pada hari raya Islam, pernikahan, dan acara lainnya.

Bahkan minuman penutup ini juga terkenal sebagai bagian dari budaya modern di Sri Lanka .

7. Raj Kachori

Raj Kachori adalah roti goreng renyah yang diisi dengan kentang, moong dal, yogurt, rempah-rempah, dan chutney.

Ditaburi dengan saus ketumbar, sev, dan delima, membuat Raj Kachori memiliki kenikmatan yang tak tertandingi.

Dalam bahasa Hindi, raj berarti bangsawan atau agung. Sementara kachori mengacu pada kudapan atau kue gurih yang renyah yang dibuat dengan adonan yang digoreng.

Ada berbagai jenis kachoris yang dibuat di India entah dengan diisian, ada pula yang polos dan semuanya tentu saja rasanya renyah.

Kebanyakan kachori memiliki isi sangat sederhana jika dibandingkan dengan Raj Kachori. Oleh karena itu raj kachori layaknya seperti raja dan ratu dari semua kachori.

Dan itulah alasannya, India street food yang satu ini diisi dengan begitu banyak makanan karena rasanya yang beragam dan juga penyajiannya yang menakjubkan.

8. Kesariya Paan

Kesariya Paan adalah kombinasi yang sempurna dari minuman klasik asal India yaitu “Thandai” yang berupa buah-buahan kering yang dicampur dengan Panna Cotta yakni hidangan penutup asal Italia.

Tidak sampai disitu, terdapat “Paan” yaitu pencampuran dari daun sirih dengan pinang dan terkadang juga dengan tembakau sebagai pelengkapnya.

India street food yang satu ini adalah makanan penutup yang sangat cocok di makan setelah makan malam.

9. Jeera Sip

Jeera Sip adalah minuman soda khas India yang wajib banget masuk ke bucket listmu sebagai daftar kuliner yang akan Anda buru.

Rasanya yang segar dengan soda yang penuh, tentu akan membuat rongga kerongkongan Anda meletup-letup penuh kejutan.

Minuman yang satu ini bisa Anda temukan dipinggir jalan dengan tenda-tenda yang biasanya dipenuhi oleh pembelinya.

10.Tunday Kababi

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Alina & Laiba (@eat.slurp.burp)

Sebelum menjadi India street food, Tunday Kababi adalah sarapan pokok orang-orang Awadhis di abad ke-14.

Pada abad ke-17, Tunday Kababi mulai berubah menjadi apa yang di makan hari ini yaitu dengan cara di cincang!

Kini sajian kuliner khas India ini merupakan kebab yang memiliki tekstur agak kenyal dan berubah ketika pemerintahan Nawab Asa-ud-Daula berkuasa.

Saat Anda berkunjungi ke India, pastikan Anda tidak melewatkan India street food yang satu ini. Selain bisa rasanya yang enak, Anda juga akan merasakan bagaimana makanan ini bernilai sejarah.

FITRA

Content writer sejak 2015 sampai sekarang. Hobi traveling dan petualangan. Suka membaca dan koleksi buku-buku sejarah. Saat ini sedang menempuh magister Hubungan Internasional di Paramadina University. Nature enthusiast and blue lovers. Find me on Instagram!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button