NewsLifestyle

10 Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik dan Benar Agar Cepat Tumbuh

Hobring.com – Mengikuti tren memelihara ikan cupang hias boleh-boleh saja sih. Pasalnya, cara merawat ikan cupang ternyata tidak terlalu sulit, namun dibutuhkan ketekunan agar ikan cupang yang dipelihara dapat berkembang dengan baik.

Selama pandemi ini, memelihara ikan cupang tengah populer di kalangan masyarakat. Biasanya mereka mulai tertarik dengan ikan hias ini karena keindahan corak, bentuk ekornya yang bagus, serta tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk memeliharanya.

Selain itu, sikapnya yang agresif menjadi sesuatu yang unik untuk dipelihara di rumah. Itulah mengapa, tidak heran apabila banyak kalangan yang memelihara ikan ini di rumah, baik sebagai hiasan atau memang hobi beternak jenis ikan hias yang satu ini.

Merawat ikan cupang memang dibutuhkan ketekunan dan perlunya perhatian yang benar untuk membuat si teman kecil kita tetap berenang dengan indah dan sehat. Namun sebelum kamu mengetahui lebih lanjut cara merawat ikan cupang, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:

Melansir dari PetSmart, Senin (3/5) ikan cupang dapat hidup hingga tiga tahun. Kedua, panjang ikan bisa mencapa 7 sentimeter, kemudian ikan ini tergolong ikan teritorial dan menghirup udara dari permukaan akuarium.

cara merawat ikan cupang
Dok/Foto: Jakmall.com

Cara merawat ikan cupang dengan memilih wadah berukuran tepat

Merawat ikan cupang yang paling dasar, yakni dimulai dengan memperhatikan penggunaan wadah yang digunakan untuk merawat ikan cupang tersebut. Sebaiknya pilih akuarium yang berukuran kecil agar memudahkan Anda dalam melakukan pembersihan secara rutin.

Biasanya untuk standar akuarium ikan cupang digunakan kurang lebih berukuran 20cm x 15cm x 15cm, namun ada juga yang menggunakan akuarium berukuran 30cm x 15cm x 20cm.

Jangan pilih akuarium yang terlalu kecil, sebab akan menyebabkan ikan cupang menjadi sulit bergerak bahkan membuat sirip dan ekor ikan cupang menjadi rusak. Anda juga dapat menambahkan batu-batu kecil atau tanaman palsu agar tampak lebih berwarna.

Perhatikan jenis air

Dalam merawat ikan cupang, Anda juga diperlukan untuk tetap memperhatikan air yang digunakan. Air merupakan komponen penting pada kelangsungan hidup ikan cupang.

Meski terlihat sepele, namun kualitas air akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan dari ikan cupang itu sendiri. Sebaiknya gunakan air bersih yang berasal dari sumur atau PAM yang sudah diendapkan semalaman.

Hal tersebut bertujuan untuk menetralkan air dari berbagai zat kimia yang terkandung di dalamnya. Selain itu, selalu hindari penggunaan kloramin dan klorin pada air akuarium karena penggunaan kedua zat kimia tersebut dapat membahayakan nyawa dari ikan cupang.

ikan cupang 1

Jagalah kebersihan air

Berhubungan dengan poin pertama, Banyak orang menganggap ikan cupang dapat hidup dalam akuarium berukuran kecil. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Akuarium yang kecil akan memudahkan Anda dalam melakukan proses pergantian air dengan cepat.

Di alam liar, cupang hidup di perairan dangkal dengan volume air yang banyak. Dengan begitu, air yang digunakan dalam akuarium ikan cupang haruslah air yang selalu terjaga kebersihannya.

Jangan lupa, ketika akan mengganti atau menguras air akuarium, pastikan Anda sudah mengendapkan air yang akan digunakan setidaknya semalam, agar zat kimia yang terkandung dalam air mengendap dan tidak berbahaya bagi ikan cupang.

Memilih pakan yang tepat

Hal terpenting yang perlu diketahui tentang cara merawat ikan cupang ialah dengan memilih pakan yang tepat dan bergizi. Ikan cupang termasuk ikan karnivora.

Biasanya, ikan cupang lebih suka mengonsumsi makanan yang mengambang di atas permukaan air. Ada beberapa rekomendasi pakan yang bisa diberikan seperti serangga, larva serangga, dan pelet khusus cupang.

Dikutip dari Hartz, pastikan untuk memberi ikan cupang makan dua kali sehari. Selain itu, jangan memberikan terlalu banyak porsi pakan. Sebab adanya makanan yang tersisa dapat mengotori akuarium dan memicu timbulnya penyakit.

daun ketapang

Beri daun ketapang kering dalam air sebagai antibiotik

Sirip atau ekor ikanmu terluka? Tenang, Anda bisa mengobatinya dengan memberikan daun ketapang kering. Selain menjaga kualitas air, cara merawat ikan cupang selanjutnya adalah dengan memberikan daun ketapang.

Daun ketapang akan sangat berguna sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang, termasuk ekor ikan cupang yang robek atau patah. Daun Ketapang juga dapat membuat Ph air di dalam akuarium menjadi normal.

Umumnya, pada saat Anda menaruh daun ketapang dalam akuarium, air akan berubah menjadi warna kuning. Sedangkan jenis daun Ketapang yang bagus untuk ikan cupang, biasanya berasal dari daerah pesisir pantai.

Menjemur ikan cupang

Selain memperhatikan kualitas air, salah satu cara merawat ikan cupang agar warnanya tetap bagus adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Cara ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam kulit maupun wadah ikan cupang. Kegiatan penjemuran ini juga dapat membuat ikan cupang menjadi lebih fresh dan terhindar dari stres.

Kegiatan penjemuran cukup dilakukan seminggu 1-2 kali. Bila ingin menjemur ikan cupang, sebaiknya di pukul 8 hingga 10 pagi selama kurang lebih 30 menit. Namun, apabila Anda melihat ikan cupang panik ketika dijemur, sebaiknya segera pindahkan ke lokasi yang teduh.

Tidak membuat ikan cupang stres

Tips merawat ikan cupang selanjutnya ini sangat penting untuk diterapkan. Pasalnya, esensi utama dari merawat ikan cupang sendiri adalah tidak membuatnya stres selama kamu pelihara.

Caranya adalah dengan membangun ekosistem dalam wadah atau akuarium yang mirip dengan habitat aslinya. Salah satunya dengan menambahkan bebatuan dan berbagai tanaman air.

Bebatuan dan tanaman air ini nantinya akan menjadi tempat yang nyaman dan aman untuk ikan cupang. Ikan cupang sendiri termasuk ikan yang suka bersembunyi apalagi saat mereka tidur.

garam untuk ikan cupang

Memberikan garam

Penaburan garam bisa dilakukan sebagai cara merawat ikan cupang yang terluka. Garam ikan hias berfungsi sebagai penyeimbang osmosis di dalam tubuh ikan hias cupang.

Selain menyeumbuhkan luka, garam juga dipercaya dapat menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupang. Cara pemberian garam pada ikan cupang adalah 0,1 persen dari air atau setara dengan 10 gram garam yang berisi 1 liter air.

Memisahkan ikan cupang

Ikan cupang jantan harus dipelihara di akuarium individu atau dipisahkan dengan ikan lainnya. Sedangkan ikan cupang betina dapat dicampur dengan jenis ikan yang lain. Selain saat musim kawin, pisahkan ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan.

Memberikan Metil Biru

Cara merawat ikan cupang terakhir, yakni dengan memberikan metil biru. Patahnya sirip atau ekor ikan cupang pasti membuat kita panik! Tapi tenang saja, Anda bisa membantu proses penumbuhan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu jadi lebih cepat.

Metil biru sangat baik untuk mempercepat proses penumbuhan sirip ikan cupang yang patah. Bahkan, pertumbuhan sirip ikan cupang bisa berlangsung dalam waktu kurang dari satu minggu.

Caranya, berikan metil biru secukupnya pada air akuarium. Hasilnya, proses pemulihan ikan cupangmu bisa berlangsung lebih cepat bahkan kurang dari satu minggu tergantung dari tingkat kerusakannya. Itulah cara merawat ikan cupang yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button